Kamis, 21 November 2013

TEKNIK PASSING DALAM FUTSAL

Passing merupakan salah satu teknik dasar permainan futsal yang sangat  dibutuhkan dan harus dikuasai oleh setiap pemain futsal, karena dengan lapangan yang rata dan ukuran lapangan yang kecil dibutuhkan passing yang cepat,keras dan akurat, karena bola yang mengalir sejajar dengan tumit pemain, sebab hampir sepanjang permainan futsal menggunakan passing. Untuk menguasai skill passing diperlukan penguasaan gerakan sehingga sasaran yang diinginkan tercapai.

                                         


Dalam permainan futsal, ada dua  teknik passing yang biasa digunakan. Berikut penjelasannya:

1.      Passing dengan menggunakan kaki dalam 
Teknik ini paling banyak dipakai. Caranya sederhana, Anda tinggal menggunakan kaki bagian dalam. Teknik ini efektif untuk mengukur kecepatan dan mengontrol arah bola.
Passing ini penting untuk passing ke teman dalam jangkauan yang dekat/tidak terlalu jauh, karena passing dengan kaki dalam akan sangat akurat. Dan dapat diterapkan ketika team bermain cepat. Tetapi passing ini tidak cocok untuk passing jauh, karena akan mudah di potong lawan dan kurang keras.
Dalam melakukannya, ada hal yang perlu diperhatikan. Pertama perhatikan posisi bola. Usahakan ketika menendang bola sejajar dengan posisi kaki satunya. Lalu posisi lutut agak merendah sehingga lebih mudah ketika mengumpan bola.

2.      Passing dengan punggung kaki 
Teknik ini lebih sulit karena area kaki yang menyentuh bola lebih sempit. Untuk bisa menguasainya mesti sering dilatih. Cara melakukannya tidak jauh berbeda dengan menggunakan kaki bagian dalam.
Teknik ini biasanya lebih efektif digunakan untuk mengumpan bola-bola panjang. Sebab, biasanya arah bola lebih kencang dan bola jarang berputar.

3.      Passing dengan cara chipping (melambungkan bola)
Passing ini penting untuk passing ke teman dalam jangkauan yang jauh juga, bedanya dengan passing ini bola di chip keatas, passing ini sangat dibutuhkan ketika lawan bermain cukup rapat dan kita sulit untuk menembus pertahananya. Dibutuhkan latihan teratur karena passing ini cukup susah untuk hal akurasi dan kecepatanya. Tekniknya adalah tempatkan kaki tumpuan disamping bola, kemudian ayunkan kaki, usahakan gunakan ujung kaki, jaga akurasi. Perlu dilakukan berulang-ulang dalam latihan agar dapat menjaga akurasi.


Diolah dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar